CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 19 September 2007

Layanan On Line Banking

Layanan On Line Banking
Seperti ungkapan futurolog teknologi Nicholas Negroponte; bahwa dunia makin lama makin digital. Hal ini ditengarai oleh pesatnya perkembangan transaksi bisnis dan kegiatan non-bisnis yang makin beralih ke pemanfaatan komputer on-line.
Dipicu oleh perkembangan Internet, makin meningkatnya kemampuan hardware dan software dengan kecepatan tinggi dan penyebaran komputer, makin menyadarkan nasabah bank akan berbagai kemudahan yang didapatkan dengan ketersediaan layanan On-line banking.
Saat ini standar layanan ritel banking kelas dunia seperti Chase Manhattan Bank, Bank Of America (BOA) bagi nasabahnya bukan saja menyediakan transakasi real-time, namun banyak lagi produk layanan berbasis on-line seperti:

Packet S/W (Windows) gratis dan tak terbatas sebagai antisipasi memenangkan persaingan teller-less.
Packet software keuangan (Quicken, MoneyOne, BankNow)
Packet Entreprise Resourches Planning (ERP software) yang tentunya sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnisnya.

Kesemua software bantuan tadi dapat diakses, berkat tersedianya portal khusus yang dimiliki oleh setiap Bank.

Apotek Dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM)


Apotek Dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM)
SIM Apotek (Drugstore Software / Software Apotek / Perangkat Lunak Untuk Apotek) dibuat untuk menangani bagian point of sales kasir dan inventori dari suatu apotek, yaitu dengan cara menyediakan kemampuan untuk menangani transaksi beli dan jual secara resep dan non resep (untuk apotek yang merangkap sebagai swalayan) yang dibayar tunai ataupun kredit. Juga untuk menyajikan laporan laporan sehingga keputusan yang diambil manajer lebih tepat sasaran.
Sistem applikasi ini dirancang untuk digunakan secara mudah baik dengan keyboard dan mouse atau dengan barcode scanner sebagai alat memasukkan data. Sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat. Laporan yang disediakan ada dua macam yaitu laporan standar yang terdiri dari 17 macam dan laporan statistik / analisa trend yang terdiri dari 4 macam. Dengan banyaknya laporan yang disediakan, maka akan cukup untuk memenuhi lingkup proses di apotek. Masing masing tipe laporan tersebut bisa dihasilkan dengan rentang waktu yang flexible yang bisa ditentukan sendiri, sehingga memudahkan untuk pengamatan hasil kerja atau berjalannya manajemen dari apotek.
Kelebihan – kelebihan (lebih detail ada dibagian bawah) yang diperoleh apotek dengan menggunakan SIM ini adalah :
membutuhkan waktu yang lebih singkat dalam melayani transaksi pembayaran, karena SIM atau mesin kasir dapat menghitung secara automatis
Pemantauan inventori / stok obat yang ada dapat dilakukan secara cepat
Pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran, misalnya pemilihan produk / obat obat mana saja yang lebih diperbanyak karena dengan menggunakan laporan statistik, bisa diketahui produk / obat obat mana saja yang paling diminati masyarakat (paling laris).

HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun). HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang, tetapi hanya digunakan dalam komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

tren Brodband

Teknologi Internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis Internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband adalah sampai sekitar 128 Kbps atau lebih. Meskipun jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, teknologi Internet broadband biasanya jalur ini akan dibagi dengan pengguna sekitarnya. Namun jika tidak ada yang menggunakan, maka Anda akan menggunakan sepenuhnya jalur lebar tersebut. Meski tidak selalu demikian kondisinya, namun tren broadband di Indonesia memang demikian. Jaringan Internet broadband dapat digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, pehobi game, sampai dengan kantor-kantor kecil dan kantor cabang yang ingin terkoneksi dengan kantor pusatnya dengan kecepatan cukup tinggi. Mengapa mereka harus mempertimbangkan broadband? Broadband menjadi begitu terkenal tidak lain karena teknologi jaringan Internet umum seperti dial-up sudah tidak memadai lagi untuk digunakan dalam aplikasi saat ini. Pada umumnya, aplikasiaplikasi tersebut menuntut Internet yang berkecepatan tinggi dengan waktu tempuh data yang tidak lama. Maka dari itulah, broadband berkembang sebagai solusi yang tepat dengan kemampuannya dan juga keekonomisannya. Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup cepat meski tidak seterusnya bisa demikian. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi boros bandwidth, namun tidak dijamin kelancarannya ketika banyak pengguna sedang terkoneksi. Selain itu, coverage area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis. Di sinilah nilai plus dan minus nya produk Internet broadband.
Teknologi broadband yang paling umum digunakan di Indonesia untuk menghantarkan koneksi Internet untuk Anda adalah teknologi DSL, teknologi Cable, dan fixed wireless. Masing-masing media memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang justru menjadikan opsi bagi yang ingin menggunakannya. Semua akan dibahas satu per satu di sini.

Sistem GPS


Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.
Kegunaan
MiliterGPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Sistem Informasi GeografisUntuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.
Pelacak_kendaraanKegunaan lain GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan, dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.
Pemantau gempaBahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik


3G

(3G) merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. Kelebihan generasi terbaru ini terletak pada kecepatan transfer data yang bisa mencapai 2 Mbps (Mega bit per second). Pengembangan 3G dilakukan melalui teknologi antara alias generasi-2,5 (2,5G). Peralihan dari 2G menuju 3G dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jadi di Indonesia sebenarnya sudah ada operator yang siap menggunakan teknologi 3G, yaitu Flexi, StarOne dan Fren/Mobile 8. Ketiga operator tersebut saat ini telah menggunkan teknologi CDMA 1X dan tinggal mengaktifkan beberapa fiturnya saja untuk menjadi 3G. Telkomsel sendiri pun sudah mendukung teknologi EDGE. Namun, kelihatannya Telkomsel masih belum puas dan menurut PT Telkom sendiri Telkomsel akan menggunakan teknologi Wideband CDMA (WCDMA) di mana penggunaan frekuensinya masih menunggu lisensi dari pemerintah. Di situsnya sendiri telkomsel masih menganggap EDGE sebagai teknologi 2 ¾ G.
Aplikasi Pendukung 3G
Keberadaan suatu teknologi baru tentunya akan diikuti dengan penerapannya dalam beragam aplikasi. Teknologi 3G sebenarnya hanyalah meningkatkan kemampuan layanan data dari teknologi generasi sebelumnya-teknologi yang saat ini kita pakai. Sehingga penerapan teknologi ini akan didominasi oleh aplikasi yang banyak memanfaatkan data di dalamnya, baik gambar, video maupaun file-file dalam bentuk digital.
Salah satu yang berpeluang menjadi "killer application" adalah teleconference. Istilah killer application merujuk pada suatu aplikasi yang akan menjadi trend dan banyak digunakan oleh masyarakat, sebagai contoh saat ini adalah sms. Dengan teleconference ini akan terjadi perubahan dalam cara berkomunikasi. Jikalau saat ini kita menelepon dengan mendekatkan ponsel ke telinga-kecuali memakai handsfree-, maka suatu saat nanti ponsel hanya akan kita genggam dan dihadapkan ke wajah kita. Ini semua karena kita tidak hanya akan mendengar suara lawan bicara tetapi dapat melihat wajah bahkan tempat di mana dia berada. Suatu hal yang selama ini hanya kita saksikan di film-film kartun sebentar lagi dapat kita saksikan secara nyata.

ERP Sebagai trend teknologi sistem informasi

Dari semua pengembangan teknologi sistem informasi dewasa ini, satu sistem informasi yang didesain untukmendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan adalah Enterprise Resource Planning atau ERP. ERPadalah paket software yang memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengintegrasikan keseluruhanaktivitasnya, dari sudut pandang proses bisnis di dalam perusahaan atau organisasi tersebut.Software ERP adalah salah satu sistem informasi yang tercanggih dan juga termahal yang bisa didapatkan padaawal abad 21 ini. Untuk dapat mengadopsi teknologi ERP, suatu perusahaan tidak jarang harus menyediakandana hingga milyaran rupiah. Dana sebesar itu harus disediakan untuk investasi paket software ERP,hardware berupa server dan desktop, database dan operating system software, high performance network,hingga biaya konsultasi untuk implementasi. Meskipun dihalangi oleh biaya investasi yang besar,banyak perusahaan di dunia –termasuk Indonesia– seperti berlomba-lomba untuk mengadopsi sisteminformasi ini. Hal ini karena paket software ERP yang diimplementasikan secara baik akan menghasilkan returnterhadap investasi yang layak dan dalam waktu cepat. Karena ERP menangani seluruh aktivitas dalam organisasi, ERP membawa budaya kerja baru danintegrasi dalam organisasi. ERP mengambil alih tugas rutin dari personel –dari tingkat operator hinggamanajer fungsional– sehingga memberikan kesempatan kepada sumber daya manusia perusahaan untukberkonsentrasi dalam penanganan masalah yang kritis dan berdampak jangka panjang. ERP juga membawa dampakcost efficiency yang signifikan dengan adanya integrasi dan monitoring yang berkelanjutan terhadapperformance organisasi. Pendeknya, ERP bukan hanya suatu software semata, namun suatu solusi terhadappermasalahan informasi dalam organisasi.Enterprise Resource Planning (ERP)Enterprise Resource Planning (ERP) dapatdidefinisikan sebagai software information systemberbasis komputer yang dirancang untuk mengolah danmemanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi danmenyediakan fasilitas perencanaan, produksi danpelayanan konsumen yang real-time dan terintegrasi.(O’Leary, 2000)Secara khusus, sistem ERP dapat dikatakan mempunyaikarakteristik sebagai berikut (O’Leary, 2000):· Dirancang sebagai software bertipe client-server,baik secara tradisional maupun berbasis web· Mengintegrasikan sebagian besar atau mayoritasproses bisnis dalam organisasi· Mempunyai kemampuan untuk mengolah sebagian besartransaksi yang terjadi dalam perusahaan· Menggunakan enterprise-wide database yang merekamsetiap data sebanyak satu kali· Data dapat diakses secara real-time· Mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikanperencanaan dan eksekusi transaksi Karakteristik yang juga dimiliki oleh sebagiansoftware ERP adalah:· Mendukung sistem informasi dalam multi-kurs danmulti bahasa· Mempunyai solusi spesifik untuk suatu industri· Dapat dicustomisasi tanpa merubah bahasa programJacobs dan Whybark (2000) secara singkatmendeskripsikan ERP sebagai pengintegrasian seluruhresources di dalam organisasi (enterprise) dari sudutpandang informasi.Beberapa macam paket software ERP (of the shelf) yangpopuler di pasaran di antaranya (Akerkar, 2002) :· BaaN· MFG/PRO· Marshal· MAMIS· JD Edwards· Oracle· SAP Keistimewaan ERP dibandingkan teknologi sisteminformasi lainnya terletak pada sifatnya yangterintegrasi, sehingga ERP mampu mengatasi banyakpermasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Misalnya,manajemen material, masalah pengendalian mutu,produktivitas karyawan, pelayanan pelanggan, manajemen \nkas, masalah inventori, dan lain-lain.\t\n\tERP system memberikan kepada organisasi penggunanya\nsuatu model pengolahan transaksi yang terintegrasi\ndengan aktivitas di unit lain dalam organisasi,\ncontohnya integrasi antara produksi dengan sumber daya\nmanusia. Dengan mengimplementasikan proses bisnis\nstandar perusahaan dan database tunggal (single\ndatabase) yang mencakup keseluruhan aktivitas dan\nlokasi di dalam perusahaan, ERP mampu menyediakan\nintegrasi di antara aktivitas dan lokasi tersebut.\nSebagai hasilnya, ERP system dapat mendorong ke arah\nkemampuan decision-making yang lebih baik dengan\nparameter yang terukur secara kuantitatif, seperti\nmisalnya penurunan inventory level, pengurangan\npersonel, percepatan pengolahan laporan keuangan, dan\nlain-lain. (O’Leary, 2000)\n\tKeunggulan ERP yang biasanya dijadikan alasan bagi\nperusahaan untuk mengimplementasikan ERP dalam sistem\ninformasinya adalah (O’Leary, 2000):\n·\tERP mengitegrasikan aktivitas perusahaan\n\tPemrosesan data di dalam ERP system terjadi secara\ncross-functional dengan data yang terhimpun dalam satu\nsistem sehingga menyebabkan hilangnya batas antar unit\natau lokasi dalam organisasi\n·\tERP memberikan kesempatan untuk mengadopsi best\npractice\n\tPaket software standard ERP terdiri dari ribuan atau\nbahkan lebih best practice dari proses bisnis yang\ndapat meningkatkan performance dan produktivitas\nperusahaan bila diimplementasikan\n·\tERP memberikan kemampuan standarisasi dalam \norganisasi\n\tStandarisasi yang dimaksud adalah penyamaan proses\nbisnis di lokasi-lokasi yang berbeda di dalam satu\nperusahaan untuk kepentingan efisiensi dan konsistensi\nimage terhadap konsumen\n·\tERP menghindarkan terjadinya information asymetry\n\tKarena ERP menggunakan single database, maka akan\nmenghindarkan terjadinya monopoli informasi di suatu\nunit organisasi, meningkatkan kemampuan kontrol,\nmeningkatkan kemampuan decision-making dan",1] ); //-->kas, masalah inventori, dan lain-lain. ERP system memberikan kepada organisasi penggunanyasuatu model pengolahan transaksi yang terintegrasidengan aktivitas di unit lain dalam organisasi,contohnya integrasi antara produksi dengan sumber dayamanusia. Dengan mengimplementasikan proses bisnisstandar perusahaan dan database tunggal (singledatabase) yang mencakup keseluruhan aktivitas danlokasi di dalam perusahaan, ERP mampu menyediakanintegrasi di antara aktivitas dan lokasi tersebut.Sebagai hasilnya, ERP system dapat mendorong ke arahkemampuan decision-making yang lebih baik denganparameter yang terukur secara kuantitatif, sepertimisalnya penurunan inventory level, penguranganpersonel, percepatan pengolahan laporan keuangan, danlain-lain. (O’Leary, 2000)Keunggulan ERP yang biasanya dijadikan alasan bagiperusahaan untuk mengimplementasikan ERP dalam sisteminformasinya adalah (O’Leary, 2000):· ERP mengitegrasikan aktivitas perusahaanPemrosesan data di dalam ERP system terjadi secaracross-functional dengan data yang terhimpun dalam satusistem sehingga menyebabkan hilangnya batas antar unitatau lokasi dalam organisasi· ERP memberikan kesempatan untuk mengadopsi bestpracticePaket software standard ERP terdiri dari ribuan ataubahkan lebih best practice dari proses bisnis yangdapat meningkatkan performance dan produktivitasperusahaan bila diimplementasikan· ERP memberikan kemampuan standarisasi dalam organisasiStandarisasi yang dimaksud adalah penyamaan prosesbisnis di lokasi-lokasi yang berbeda di dalam satuperusahaan untuk kepentingan efisiensi dan konsistensiimage terhadap konsumen· ERP menghindarkan terjadinya information asymetryKarena ERP menggunakan single database, maka akanmenghindarkan terjadinya monopoli informasi di suatuunit organisasi, meningkatkan kemampuan kontrol,meningkatkan kemampuan decision-making dan \nmenghindarkan pekerjaan yang sia-sia dalam penyiapan\ninformasi atau input data di lebih dari satu tempat\n·\tERP menyediakan informasi secara real-time dan\non-line\n\tDimungkinkan dengan terhubungnya semua end-user\nperusahaan dalam satu sistem informasi secara on-line\n·\tERP memberikan keleluasaan untuk mengakses data\nperencanaan dan controlling secara simultan\n\tDengan penggunaan single database, semua user dalam\norganisasi dapat mengakses suatu data secara simultan,\nmemberikan kemampuan perencanaan dan controlling\nyanglebih konsisten\n·\tERP memberikan fasilitas komunikasi dan kolaborasi\ndi dalam satu perusahaan\n\tERP memberikan kemampuan kepada user dari berbagai\nfungsi dan lokasi dalam organisasi untuk berkomunikasi\ndan kolaborasi dengan adanya proses yang saling\nberhubungan. Adanya proses yang standar juga\nmengurangi potensi konflik.\n·\tERP memberikan fasilitas komunikasi dan kolaborasi\nantar perusahaan\n\tTrend bisnis modern saat ini adalah untuk\nmengintegrasikan database organisasi kepada organisasi\npartner untuk kepentingan procurement atau yang lain.\nUntuk mendukung keperluan tersebut, diperlukan single\nrepository (data storage) bagi seluruh organisasi yang\nterlibat, dan kemampuan ini dimiliki oleh ERP.\n\nMSY\nhttp://www.ipoms.or.id\n\n__________________________________________________\nDo You Yahoo!?\nTired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around \nhttp://mail.yahoo.com \n\n\n \n\n \n __._,_.___\n \n \n \n ",1] ); //-->menghindarkan pekerjaan yang sia-sia dalam penyiapaninformasi atau input data di lebih dari satu tempat· ERP menyediakan informasi secara real-time danon-lineDimungkinkan dengan terhubungnya semua end-userperusahaan dalam satu sistem informasi secara on-line· ERP memberikan keleluasaan untuk mengakses dataperencanaan dan controlling secara simultanDengan penggunaan single database, semua user dalamorganisasi dapat mengakses suatu data secara simultan,memberikan kemampuan perencanaan dan controllingyanglebih konsisten· ERP memberikan fasilitas komunikasi dan kolaborasidi dalam satu perusahaanERP memberikan kemampuan kepada user dari berbagaifungsi dan lokasi dalam organisasi untuk berkomunikasidan kolaborasi dengan adanya proses yang salingberhubungan. Adanya proses yang standar jugamengurangi potensi konflik.· ERP memberikan fasilitas komunikasi dan kolaborasiantar perusahaanTrend bisnis modern saat ini adalah untukmengintegrasikan database organisasi kepada organisasipartner untuk kepentingan procurement atau yang lain.Untuk mendukung keperluan tersebut, diperlukan singlerepository (data storage) bagi seluruh organisasi yangterlibat, dan kemampuan ini dimiliki oleh ERP

sistem EDGE pada selluler

teknologi telekomunikasi selular termasuk salah satu yang mengalami kemajuan paling pesat. Bahkan, teknologi General Pocket Radio System (GPRS) yang berbasis teknologi GSM 900 dan 1800, segera ditinggalkan dan berganti dengan teknologi lebih canggih, yakni berbasis teknologi Enhanced Data for the GSM Evolution (EDGE). Dalam transfer data, misalnya, teknologi EDGE bisa tiga kali lebih cepat dari teknologi GPRS. Artinya, bila pelanggan selular ingin mendownload pesan MMS dengan teknologi GPRS memerlukan waktu puluhan detik, tapi dengan teknologi EDGE, hanya perlu waktu beberapa detik saja.Kelebihan lain, bila teknologi GPRS memiliki kemampuan transfer data hingga 114 Kbps, teknologi EDGE mampu mensupport data, layanan multimedia hingga 384 Kbps. EDGE merupakan sebutan baru buat GSM 384. Teknologi ini disebut GSM 384, karena memiliki kemampuan transmisi data hingga 384 Kbps. Pertanyaannya, operator-operator selular mana saja yang kini telah memakai teknologi EDGE?Salah satunya, PT Indosat Multimedia Mobile (IM3). Anak perusahaan Indosat Group ini, sejak beberapa waktu lalu telah bertekad meninggalkan teknologi GSM tradisional dan segera beralih ke teknologi Enhanced Data for the GSM Evolution (EDGE). Diharapkan, up grade ke teknologi itu bisa diselesaikan akhir tahun ini. Lewat pemanfatan teknologi EDGE, kami selangkah lebih unggul di depan operator yang masih mengembangkan teknologi GPRS,’’ ungkap Sumedi Kirono, Direktur Operasi Teknik dan Pengembangan IM3, belum lama ini.Menurut Sumedi, saat ini teknologi selular dunia mulai beralih ke EDGE dan IM3 yang dikenal sebagai pelopor seluler multimedia tidak ingin ketinggalan, walaupun perangkat pendukung, misalnya ponsel, belum siap. Diperkirakan, baru pada triwulan IV nanti perangkat ponselnya dipasarkan. Dijelaskan, banyak kelebihan dari teknologi generasi EDGE tersebut, terutama dari sisi kecepatan penyampaian data. Apabila GPRS, secara teoritis dapat menyampaikan data dengan kecepatan maksimal 114 kbps, maka EDGE bisa 384 kbps atau tiga kali lebih cepat. ‘’Dengan kecepatan tersebut, jelas sangat menguntungkan IM3 yang memang mengutamakan pasar yang membutuhkan kecepatan dalam penyampaian data. Kondisi itu, tidak mungkin bisa dihindari, karena makin banyak pengguna selular yang memanfaatkan jasa komunikasi data dan multimedia,’’ paparnya.Ditambahkan, dalam memasyarakatkan jasa layanan video stream, pihaknya mencoba demo memanfaatkan sarana televisi pemantau Polri. Dari demo tersebut, pelanggan IM3 dapat memantau kondisi jalan raya cukup dari layar ponselnya. Video stream merupakan salah satu layanan yang sebenarnya sudah sejak lama dikembangkan oleh IM3, tetapi belum sepopuler layanan multimedia services (MMS).Prestasi GemilangIM3 telah mencatat prestasi gemilang, menyusul keberhasilan mendemokan kecanggihan fitur terbaru IM3-Video Streaming di hadapan Presiden Megawati pada HUT Bhayangkara ke-57 di Pondok Cabe, Jakarta, belum lama ini. Keberhasilan IM3 tersebut atas dukungan teknologi EDGE dari Ericsson. EDGE (Enhanced Data rate for Global Evolution), suatu teknologi nirkabel generasi ketiga (3G).Di Indonesia, boleh dibilang jaringan infrastruktur IM3 telah berteknologi EDGE milik Ericsson dan masih terbaik dari pesaingnya Siemens maupun Motorola, Alcatel dan NEC sebagai pilar dari teknologi telekomunikasi. Ericsson segera akan mewujudkan teknologi telepon seluler generasi ketiga (3G) di Indonesia.Operator selular anak perusahaan Indosat Group ini juga memamerkan kecanggihan teknologi Ericsson saat IM3 mendemokan video streaming pada pameran HUT Bhayangkara di Jakarta dengan topik Live Traffic Surabaya via handphone. Peristiwa ini diawali dengan permintaan Kepolisian Negara. Tapi IM3 juga akan memberi layanan bagi masyarakat umum melalui video streaming, yang dapat mengontrol kegiatan maupun sistem keamanan di kantor atau rumahnya melalui telepon seluler.Menurut Direktur Operasi Jaringan IM3-Satelindo, Sumedi Kirono, pihaknya merasa bangga karena keberhasilan memamerkan kecanggihan teknologi IM3 di hadapan Presiden dan Wakil Presiden RI, serta pejabat tinggi Negara lain. Itu hasil kerja keras tim teknis IM3, diperkuat oleh IM3 Jawa Timur, yang pertama kali mengaplikasikan layanan video streaming.Pengembangan video streaming ini merupakan hasil kerja sama IM3 dengan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. IM3 didemokan kesibukan traffic lalu lintas di Bundaran Waru salah satu lokasi paling srategis di Surabaya- melalui layar ponsel. Presiden dan Wakil Presiden didampingi Kapolri ikut mencoba video streaming melalui ponsel Nokia 3650.Tim kecil di IM3 Surabaya berhasil meng-online-kan kondisi Control Room IM3 Surabaya di handphone Nokia 7650, hingga sampai saat ini sudah banyak prototype content Mobile Audio/Video Streaming yang bisa di akses pelanggan IM3 melalui WAP site : wap.im3sby.com. Pelanggan IM3 dapat menggunakan handphone Nokia 7650/3650 maupun PDA PocketPC dan Palm yang sudah di-install fitur RealOne Player.Melalui kecanggihan teknologi seluler yang dimiliki, IM3 turut membantu Kepolisian Negara, antara lain dengan membuat aplikasi khusus untuk Kepolisian.Jasa Nilai Tambah Bukan hanya itu, IM3 juga menyediakan layanan jasa nilai tambah ini kepada masyarakat luas dengan syarat harus mendaftar dulu. “Kita punya target akhir tahun 2003 menjadi operator selular terbaik di negeri ini. Semua jaringan dan BTS sudah bermuatan teknologi EDGE sehingga kita saat ini sudah memiliki teknologi generasi ke 2,88 ke 2,99 sebelum menjadi operator ponsel dengan teknologi generasi ketiga,” katanya.Bagaimana dengan persiapan Telkomsel? Dijawab sendiri, meski persaingan dalam bisnis telekomunikasi, termasuk jasa selular kini makin ketat, kami optimis, tetap mampu menjadi market leader pasar selular di Indo-nesia. Pertumbuhan Telkomsel hingga kini masih tertinggi, yakni customer base 56 persen, EBIDA 46 persen dan net income sekitar 36 persen.Menyadari persaingan makin ketat dan perusahaan yang dipimpinnya tergolong sebagai operator selular terbesar saat ini, maka mantan Kadivre II Jakarta ini, telah membuat berbagai strategi, terutama berkaitan dengan mempertahankan pertumbuhan untuk jangka panjang. Menurut perhitungan, memberikan pelayanan sampai ke seluruh pelosok, maka Telkomsel tetap harus menyediakan fasilitas tersebut. Satu contoh, meski secara bisnis saat ini belum menguntungkan, tapi Telkomsel mau membangun base transceiver station (BTS) di Pulau Sangir, Sulawesi Utara, suatu pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina. “Jujur aja, saat ini secara komersial pendirian BTS di Pulau Sangir tersebut akan menjadi beban operasional kami. Namun dalam jangka panjang, BTS di Pulau Sangir pasti akan memberikan keuntungan,” tandasnya. Pertama, jangkauan terluas, baik di Indonesia maupun luar negeri. Pada saat ini, jaringan GSM Telkomsel tercatat paling luas, yakni mampu menjangkau 80 persen populasi Indonesia di lebih dari 5000 kota besar di ribuan kecamatan.Kedua, tarif paling wajar, karena sudah termasuk PPn 10 persen. SimPATI memberikan tarif yang kompetitif ekonomis (off peak), ditambah zona lokal yang luas sesuai mobilitas keseharian pengguna simPATI. Telkomsel menggunakan tarif yang fair sesuai dengan tipe komunikasinya.Manajemen Telkomsel, menurut GM Marketing Telkomsel, Erik Meijer, janji akan berupaya terus menerus meningkatkan pelayanan, karena telah dipercaya lebih dari separuh pengguna jasa selular di Indonesia dengan jumlah pelanggan lebih dari 7,5 juta yang dilayani dengan teknologi modern 2,5G.Untuk memuaskan pelanggan, kami saat ini sedang mengembangkan layanan berbasis teknologi 2 ¾G Enhanced Data rate for GSM Evolution-EDGE dan wireless fidelity (WIFI). ”Meski pelanggannya masih sedikit, kami tetap menyiapkan jaringan teknologi canggih ini untuk mengantisipasi kebutuhan jasa telepon selular ke depan yang makin memerlukan keragaman, ungkap GM Markerting PT Telkomsel, Erik Meijer.Dijelaskan Erik, penghargaan yang diterimanya bukan diperoleh begitu saja, melainkan dari hasil survei selama bulan April – Mei 2003 oleh lembaga penelitian MARS bekerja sama dengan majalah SWA, melalui 2.921 responden yang mewakili berbagai lokasi kota besar. Rinciannya, Jakarta (626 responden), Bandung (566 responden), Semarang (612 responden), Surabaya (540 responden), dan Medan (577 responden).”Penghargaan yang kami terima ini, selain memberikan kebanggaan juga memberikan manfaat ,baik bagi Telkomsel maupun pelanggan. Bagi pelanggan, penghargaan tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi pelanggan kartuHALO dan simPATI. Sedangkan bagi Telkomsel jelas bermanfaat, karena dengan penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk pengakuann pihak lain atas hasil dari berbagai upaya kami dalam memberikan yang terbaik bagi pelanggan,” ujar Erik.KartuHALO dan SimPATITentang kiat manajemen Telkomsel dalam memasarkan produknya, menurut Erik Meijer, harus dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, kartuHALO, kartu jenis pascabayar Telkomsel ini menerobos pasar melalui pendekatan kultur dan ke-Indonesiaan, baik dari sisi nama ”kartuHALO” sebagai pengganti sebuah simcard GSM maupun desain pada kartunya, yang mengangkat berbagai macam nilai kebudayaan di Indonesia yang identik dengan luasnya jangkauan layanan GSM Telkomsel dari Sabang sampai Merauke.Dijelaskan, pelanggan kartuHALO juga diberikan kenyamanan bila melakukan komunikasi di berbagai belahan dunia, karena Telkomsel telah menggandeng kerja sama dengan 180 operator di 75 negara untuk internasional roaming. Selain itu, pelanggan kartuHALO juga diberikan berbagai layanan nilai tambah. Misalnya, untuk saat ini, pelanggan kartuHALO juga juga dapat menikmati VAS berupa layanan multibank mobil banking dan aplikasi teknologi generasi 2,5G yang diimplementasikan dalam layanan Telkomsel Mobile Data Services, GPRS dan MMS. Khususnya untuk kartu prabayar simPATI, tambahnya, Telkomsel termasuk pelopor dan kini fasilitas yang diberikan nyaris sama dengan pelanggan kartuHALO. Selain memberi kenyamanan berkomunikasi saat menjelajah di seluruh pelosok Indonesia, simPATI juga nyaman digunakan di mancanegara, karena simPATI merupakan pelopor kartu prabayar di Indonesia yang bisa digunakan untuk menjelajah di berbagai belahan dunia, dengan diluncurkannya fasilitas simPATI internasional roaming, bulan Februari 2003 lalu. ”Kini pelanggan simPATI juga sudah bisa menikmati layanan teknologi GSM 2,5G yakni GPRS (General Packet Radio Switching) dan MMS (Multimedia Messaging Services) serta memiliki keunggulan komparatif dibandingkan produk prabayar lain sejenis, karena tarifnya sudah termasuk PPN 10 persen,” paparnya.

Next Generation Network (NGN) atau jaringan telekomunikasi masa depan, merupakan state of the art of technology, suatu model jaringan baru yang berbasis Internet Protocol (IP) untuk sebuah range produk dan layanan yang luas, mulai dari voice, multimedia, video dan sebagainya. Teknologi NGN sangat menantang untuk meng-create kembali suasana pertelekomunikasian khususnya di Indonesia. Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi incumbent terus bertekad mempertahankan dominasinya sebagai national telecomuinication flag carrier untuk turut serta membangun sebuah life style modern society yang juga sebagai aspirator bagi dunia telekomunikasi dengan teknologi NGN. Saat ini, seluruh dunia menantikan harapan pada inisiatif terhadap NGN. NGN sebagai integrasi telekomunikasi dan teknologi informasi (ICT/infokom) serta life style diharapkan mampu menghadirkan layanan telekomunikasi multimedia yang inovatif.
Bagi operator seperti Telkom, trend teknologi NGN bisa dikatakan seperti buah simalakama. Di satu pihak, keterbatasan finansial sehingga pembelanjaan modal harus dilakukan secara hati-hati dalam melihat trend teknologi ini (yang belum terlalu matang secara teknologi, layanan yang ditawarkan, standar, maupun regulasi). Namun disisi lain, pamor circuit switch pada jaringan wireline (PSTN) sudah memudar yang berhadapan fenomena jaringan wireless dan voice over packet. Disamping itu, secara global sebagian besar operator telco dunia sudah mulai mengarah ke NGN bahkan sebagian kecil sudah melakukan replacement jaringan TDM-nya menjadi NGN secara revolusi. Hal ini menyebabkan mau tidak mau Telkom harus mulai melakukan pemutakhiran jaringan eksisting menuju NGN jika ingin sustainable dalam bisnis telekomunikasi dan tentunya tidak ketinggalan jaman. Satu harapan dengan munculnya teknologi baru adalah adanya layanan-layanan baru yang bisa di-deliver ke pelanggan.
Trend Layanan Enhance
Trend layanan NGN yang berkembang saat ini adalah perkembangan enhanced services baik untuk personal maupun korporasi serta trend paketisasi layanan seperti triple play. Di pihak lain, trend NGN menuju paltform IMS (IP Multitimedia Subsystem) akan membawa dampak terhadap perkembangan trend layanan yang lebih inovatif dan interaktif. Trend layanan juga berkembang menuju konvergensi layanan wireless dan wireline. Trend dan variasi layanan pada arsitektur layanan NGN antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:
- Layanan Data Connectivity; Memungkinkan penetapan konektivitas real-time antara end-point, bersama dengan variasi fitur value added (misalnya: bandwidth on demand, bandwidth management/call admission control).
- Layanan Multimedia; Memungkinkan multiple party berinteraksi menggunakan voice, video dan atau data. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain sambil menampilkan informasi visual.
- Virtual Private Network (VPN); Voice VPN meningkatkan kapabilitas jaringan interlokasi dari bisnis dengan mengijinkan organisasi besar yang tersebar secara geografis untuk mengkombinasikan jaringan privat eksistingnya dengan porsi PSTN menyediakan pelanggan dengan kapabilitas dialing uniform. Data VPN menyediakan tambahan fitur sekuriti dan jaringan yang memungkinkan pelanggan membagi jaringan IP seperti sebuah VPN.
- Public Network Computing (PNC); Menyediakan network publik berbasis layanan komputing untuk pelanggan bisnis dan konsumer. Sebagai contoh, penyedia jaringan menyediakan kapabilitas umum processing dan storage (misalnya hosting web page, menyimpan-memelihara-backup file data, menjalankan aplikasi computing).
- Unified Messaging; Mendukung delivery voice mail, email, fax mail melalui interface umum. Melalui interface tersebut, pelanggan akan mengakses dan memberitahu variasi tipe message (voice mail, email, fax mail, dll), independen terhadap akses (seperti : wireline atau mobile phone, komputer, atau perangkat data wireless).
- Information Brokering; Melibatkan iklan, pencarian dan penyediaan informasi kepada pelanggan dengan provider. Sebagai contoh, pelanggan dapat menerima informasi berbasis kriteria yang spesifik atau berbasis preference personal dan pola perilaku.
- E-Commerce; Memungkinkan pelanggan untuk membeli barang dan menyediakan informasi untuk mempertemukan pelanggan dengan penyedia layanan. Hal ini termasuk memproses transaksi, memverifikasi informasi pembayaran, menyediakan sekuriti dan perdagangan yang memungkinkan. Home banking dan home shopping termasuk kategori layanan ini. Termasuk juga aplikasi business to business (seperti supply chain management dan aplikasi knowledge management).
- Call Center Service; Seorang pelanggan melakukan panggilan ke agen call center dengan meng-klik pada web page. Panggilan dapat diarahkan ke agen yang tepat yang berlokasi dimana saja, bahkan di rumah (seperti virtual call center). Voice call dan pesan email dapat diantrikan secara seragam oleh agen. Agen memiliki akses elektronik ke pelanggan, katalog, stock, dan order informasi yang dikirimkan kembali antara pelanggan dan agen.
- Interactive Game; Menawarkan pelanggan sebuah cara bertemu secara online dan menetapkan sesi game yang interaktif.
- Distributed Virtual Reality; Mengacu secara teknologi yang dibangun mewakili event real world, orang, tempat, pengalaman, dll. Yang mana partisipan masuk dan provider dari pengalaman virtual secara fisik terdistribusi.
- Home Manager; Dengan kehadiran home networking dan peralatan pintar, layanannya dapat memonitor dan mengontrol sistem sekuriti rumah, sistem energi, sistem entertainment rumah dan peralatan rumah lain. Bayangkan kita sedang menonton TV dan bel pintu berbunyi, kita hanya menggunakan remote TV untuk mendapat pandangan pintu masuk dan melihat siapa disana. Atau bayangkan memonitor rumah kita selama perjalanan, atau melihat anak-anak dirumah selama kita bekerja.

teknologi sistem informasi WIFI

Keywords: Hotspot WiFiWiFi (Wireless fidelity) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel alias Wireless LAN. Hotspot WiFi merupakan teknologi yang dikembangkan dari Wireless LAN ini. Melalui Hotspot WiFi, pengguna bisa mengakses Internet dari laptop atau PDA yang berada di WiFi Access Point tertentu. Pengguna tidak perlu melakukan instalasi apa pun. Anda cukup datang ke lokasi – misalnya – kafe atau hotel tertentu, nyalakan laptop/PDA Anda, dan Anda langsung bisa terkoneksi ke Internet
Hotspot WiFiWiFi (Wireless fidelity) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel alias Wireless LAN. Hotspot WiFi merupakan teknologi yang dikembangkan dari Wireless LAN ini. Melalui Hotspot WiFi, pengguna bisa mengakses Internet dari laptop atau PDA yang berada di WiFi Access Point tertentu. Pengguna tidak perlu melakukan instalasi apa pun. Anda cukup datang ke lokasi – misalnya – kafe atau hotel tertentu, nyalakan laptop/PDA Anda, dan Anda langsung bisa terkoneksi ke InternetDua teknologi yang telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini dan sangat berpengaruh langsung terhadap kehidupan jutaan manusia adalah internet dan telepon bergerak. Sementara internet memberikan kemudahan dalam mengakses informasi-informasi yang sangat berharga dengan sangat murah dan tidak tergantung pada lokasi di manapun mengakses, sebaliknya telepon bergerak menghubungkan jarak yang begitu jauh untuk berkomunikasi. Langkah berikut yang logis adalah membawa kedua teknologi ini bersama-sama, memungkinkan untuk mengakses informasi yang tidak saja tidak tergantung pada sumber informasi, tetapi juga tidak tergantung pada lokasi di mana pengguna mengaksesnya